Manusia Makluk Kontroversial

dikisahkan dalam al-qur'an surah Al-Baqarah ayat 30,bahwa Allah berencana akan menjadikan kholifah dibumi, maka Allah memberitahukan hal itu kepada malaikat "sesungguhnya AKU(Allah) hendak menjadikan Manusia sebagai kholifah(pemimpin) dimuka bumi". mereka(malaikat) pun mengkritik akan hal yang akan menjadi kehendak Allah, bukan tanpa alasan mereka melontarkan kritikan tersebut, karena mereka mengetahui sifat buruk manusia dengan berkata: "mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) dibumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Eangkau?" namun Allah membalas kritikan tersebut dengan "Sesungguhnya Aku(Allah) mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".
dari surah dan ayat ini tentunya sudah bisa petik pelajaran bahwa memang sampai kapanpun manusia akan menjadi makluk yang kontrofersial, entah kontroversi tersebut datangnya dari manusia tersebut ataupun makhluk diluar pengetahuan manusia. karena hanya Allah yang tau akan semua rahasianya.
ketika malaikat mengetahui kekurangan akan kholifah Allah dibumi, mereka mekritisi hal tersebut dengan berbagai alasan yang menurut mereka benar. karena dalam konteks ini para malaikat membenarkan akan diri mereka sebagai makhluk yang senantiasa bertasbih dan mensucikan Allah. namun Allah membalasnya dengan Sesungguhnya Aku(Allah) mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.
 wallahua'lam.