Mengakui Kekurangan Diri

Manusia diciptakan banyak memiliki kelebihan dari makhluk lain, kelebihan yang tentunya mempunyai nilai lebih dari semua makhluk sehingga kita dipercaya tuhan menjadi khalifah dibumi. tepatnya sebagai pengelolah bumi agar bumi bisa lestari dan dapat menjalankan tugasnya sebagai bumi, dimana ia adalah manusia itu sendiri yaitu ketika manusia dapat mengelola bumi sebagai mana bumi itu sendiri maka bumi pun akan menjaga semua kebutuhan manusia, ketika  manusia hanya dapat mengexploitasi bumi maka bumi pun akan bertindak sama.
Kelebihan lain yaitu manusia diberikan Tuhan basyariah, basyariah adalah kecerdasaan untuk dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. namun, Tuhan juga tidak serta merta langsung memberikan basyariah kepada manusia. Untuk mencapai itu Tuhan memberikan bekal panca indra yang harus dipahami adalah sikap ini(basyariah) tidak langsung namun membutuhkan proses, proses untuk mendapatkan data-data yang kemudian basyariahlah yang akan menanggapi data-data tersebut dengan kongklusi berupa sikap.
Ketika kita melihat dalam diri manusia terdapat begitu banyak kelebihan yang diberikan tuhan maka tentunya kita juga perlu melihat sisi-sisi dimana kita juga harus mengakui bahwa manusia juga diciptkan Tuhan tidak sebaik Malaikat dan tidak seburuk setan. Kekurangan-kekurangan itu yang tentunya harus dipelajari sehingga manusia dapat mewaspadai akan kekurangan itu.
"barang siapa yang mengenal dirinya maka ia mengenal Rabbnya" qoul ini menurut penulis merupakan konsep evaluasi diri. didalam qoul ini manusia dianjurkan melihat diri sendiri untuk melihat Rabbnya. Rabb disini adalah sebuah kebaikan yang masuk pada konsep ihsan (manusia melakukan kebaikan refleksitas,bukan karena adanya Punismen), namun sebelum menemukan kebaikan dalam diri disitu manusia juga akan menemukan sisi kejelakan yang berupa nafsul mazdmumah. nah disitulah kita harus menyadari akan kekurangan kita sehingga diharapkan pada proses selanjutnya akan terjadi proses pembelajaran diri bagaimana cara menangani hal kekurangan tersebut.
semoga kita sebagai manusia dapat tersu belajar dan mampu memperbaiki kekurangan tersebut. Amiin